Label

Selasa, 31 Desember 2013

UAS Filsafat Ilmu



Nama                          : Ria Nuris Samawati
NIM                            : C53212074
Kelas/ Sem                 : Siyasah Jinayah B / Dua
Mata Kuliah               : Filsafat Ilmu
Dosen Pembimbing    : Dr. H. Imam amrusi Jailani, M. Ag.

Tulisan Arab Halaman: 67-68
الاصناف من الاشياء ظواهر في مفهوم هو سرل, لكنها أساس لمفهو مه[1]
نقطة البد , الفلسفي السحيح هي الا نتباه إلى الشعور أو الذات, كما فعل ديكارت, و كان هوسرل يسمي الفلسفة أحيانا((علم الشعور)). يجب أن أبذر الشك المنهجي في كل شيء من حولي و في كل ما لدي من أحكام, و أن أنتبه إلى الأفكار cogitationes التي أعانيها, و هذه لا تقل يقينا عن الكوجتو ذاثه, وسوف أكون أكثر اهتما ما بأفكاري من ياء المتكلم. إن الشعورهو داثما شعور بشيء, إذ لا معنى لفعل فكزي دون أن تكون هنالك أفكار, ولا معنى لرغبة دون وجود أشياء كموضوعات رغبتي, وتلك الأفكار و الرغبات الخ هي محتوى content الأفعال الشعورية أو الأفعال العقلية من ادراك و تخيل و تذكر و رغبة و إصدار أحكام. يسمي هذا الموقف (( القصد )) أو التوجّه intention و هو خاصة أساسة للشعور[2]. الانطباعات الحسية جزء من ذلك المحتو, لكنا لا ننظر فيه من حيث ارتباطه بالعلم الخرجي , وإنما من حيث صلته بالشعور والأفعال العقلية . لا ننظر في الادراك مثلا كفعل موجّه إلى أشياء خارجة عنا , و إنما ننظر فيه من الداخل : نريد ادراك الادراك ذاته أو ادراك التذكر ذاته أو فعل الحكم ذاته , و هكذا. فاذا نظرنا إلى محتوى أفعالنا الشعورية منعزلة عن الانطباعات الحسية , جاء المحتوى قبليا . إن الأفعال العقلية و موضوعاتها القبلية إنما هي الخبرات بالمعنى الصحيح , و هي المعرفة الأولى الضرورية و اليقين المطلق , وهي (( الأشياء ذاتها )). و من ثم يرفض هوسرل التمييز الكنطي بين الظواهر و الاشياء في ذاتها, لأنه لا تمييز بين الظاهر و الحقيقة في الشعور و أفعاله و حالاته : حقيقتها هي نفس ظهورها.
لقد أفاد هوسرل من كنط الدرس الكبير, و هو أن العقل الخالص و صوره و تصوراته القبلية مصدر الموضوعية و اليقين, لكنه عاب على كنط تناوله الحدوس الحسية دون مزيد من تحليل, و استطاع هوسرل ربط الأفعال العقلية و موضوعاتها القبلية بتطوير الحدوس الحسية لتكون حدوسا قبلية, هي موضوعات تلك الأفعال . و رأى أنه يمكننا الوصول إلى تلك الحدوس القبلية بتأمل الذات لموضوعات أفعالها العقلية, منعزلة عن ار تباطاتها الفيزيائية, و من ثم نصل إلى الشعور في نقائه أو إلى الأفعال العقلية, و محتواها القبلي. ذلك موضوع الفلسفة الأصيل, و تلك هي البداية المطلقة التي لا تقوم على أي فروض سابقة. و يسمي هورسول هذا البحث أيضا مبحث (( الماهيات )). إن ماهية أي شيء هي خاصته أو خواصه الاساسية الضرورية؛ ليس الفرد ماهية, و لكن له ماهية و هي الشعور؛ لكن يمكننا الحديث أيضا عن ماهية الشعور, و ماهية الإدراك, و ماهية الحكم, و ماهية الارادة, و ماهية الفعل العقلي, و الماهيات الرياضية و نحو ذلك. والمقصوة بماهيات تلك الموضوعات المعرفة الصادقة الضرورية عنها, و لذلك يسمي هوسرل الفلسقة أحيانا (( علم الماهيات )) eidetic science أو علم النفس الماهوي  essential psychology , و هذه التسميات كلها مرادفة لعلم الشعور و علم البدايات المطلقة.
لم يخلِّصْ هوسرل الفلسفة بعد من كل الفروض, إذ لاحظ أن العلوم الطبيعية-و من و راثها (( الفلسفة الطبيعية ))- تفيم نظرياتها على فرض تجريبي أساسي, هو وجود عالم مادي خارجي و وجود ذاتٍ تجريبية تقوم في و سط فيزيائي و فسيولوجي, و يسمي هوسرل هذا الفرض (( الاتجاه الطبيعي)).

Halaman: 67-68
Berbagai bentuk fenomena dalam konsep Husserl, akan tetapi dasar bagi konsepnya.[3]
Saat mulai, begitulah perhatian filosofis yang benar untuk rasa atau diri, seperti yang dilakukan Descartes, dan filsafat Husserl itu kadang-kadang disebut ((ilmu perasaan)). Anda harus melakukan ketidakpastian sistematis dalam segala sesuatu di sekitar saya dan semua yang saya miliki dari ketentuan, memperhatikan ide-ide renungan yang berirama, dan Hal ini tentunya tidak kurang oleh الكوجتو yang sama, dan saya akan lebih paham dengan pemikiran dari pembicara. Sesungguhnya perasaan sesuatu adalah perasaan yang menghendaki, itu tidak masuk akal untuk melakukan pemikiran tanpa ada ide disana, dan tidak berarti keinginan tanpa kehadiran hal-hal sebagai subjek keinginannya, pikiran-pikiran itu dan keinginan dll dari isi content yang bertindak emosional atau tindakan persepsi mental, bayangan, ingatan, keinginan dan hukuman . Posisi ini disebut ((niat)) atau niat yang  merupakan dasar dari perasaan pribadi.[4] Bagian dari kesan sensorik isi, kita tidak melihat itu yang berkaitan dengan ilmu yang keluar, dan sesungguhnya yang berkaitan dengan perasaan dan tindakan mental. Jangan lihat dalam kognisi misalnya sebagai pelaku yang bertindak untuk suatu hal tentang kami, namun lebih melihat dari dalam: kami ingin mewujudkan kognitif yang sama atau mengenali mengingat itu sendiri atau melakukan kalimat yang sama, dan seterusnya. Jika kita melihat isi emosional dari tindakan kita terisolasi dari tayangan sensorik, datang isi suku. Jika tindakan mental dan tema suku sesungguhnya keahlian dalam arti yang tepat, dan pengetahuan yang pertama diperlukan dan mutlak pasti, yaitu ((hal yang sama)). Dan kemudian Husserl menolak untuk diskriminasi الكنطي antara fenomena dan hal-hal dalam diri mereka sendiri, karena tidak membedakan antara terlihat dan kebenaran dalam arti, tindakan dan kasus adalah: realitas yang  sama seperti yang muncul.
Kami telah melaporkan Husserl dari كنط pelajaran besar, dan itu adalah pikiran yang murni, copy dan persepsi objektivitas suku sumber dan kepastian, tetapi menggigit pada كنط makan الحدوس sensual tanpa analisis lebih lanjut, dan Husserl mampu menghubungkan verba dan mental subyek pembangunan suku الحدوس sensual menjadi dosa suku , adalah subyek dari tindakan-tindakan tersebut. Dan melihat bahwa kita bisa akses ke الحدوس mereka yang suku refleksi diri dengan sumber tindakan mental, terisolasi dari  fisik ارتباطاتها, dan kemudian kita mendapatkan rasa kemurnian mental atau tindakan, sumber dan isi. Sumber filsafat otentik, dan itu adalah awal mutlak, yang tidak didasarkan pada hipotesis sebelumnya. Dan disebut Husserl penelitian ini juga Hematologi ((esensi)). Jika apa ada sesuatu sendiri atau sifat esensialnya; bukan apa individu, tapi apa  perasaan, tetapi kami juga bisa berbicara tentang apa perasaan itu, sifat persepsi, sifat pemerintahan, apa tindakan mental, dan esensi olahraga dan sebagainya. Dan المقصوة بماهيات tersebut topik pengetahuan yang diperlukan tulus, dan apa yang disebut Husserl Filsafat kadang-kadang ((ilmu tentang esensi)) ilmu psikologi atau ilmu kamanusiaan psikologi penting, dan label ini semua identik dengan perasaan dan Bendera awal mutlak.
Filosofi Husserl tidak menyimpulkan setelah semua hipotesis, untuk dicatat bahwa ilmu-ilmu alam - dan dari Ratha ((filsafat alam)) - teori Tefim untuk memaksakan sebuah primer eksperimental, adalah eksterior fisik dunia dan adanya pilot yang berbasis di dan Ronevi fisika dan fisiologi, Husserl dan disebut hipotesis ini (arah normal).



[1]:اعلن هوسرل في مر حلة متطورة من تفكيره أنه لا يرفض الظوا هر بالمعا ني السابقة والما ينظر اليها نظرة جديدة . انظر
Husserl, ideals, General Introduction to Pure. Phenomenology, trans. By W. R. Boyce Gibson, p. 41 London, 1931.
[2] أخذ هوسرل فكرة التوجّه عن برنتانو, لكنه طورها على نحو يختلف فيها عن استاذه , كما سجل هو سرل ذلك بنفسه في مقدمة الترجمة الانجليزية لكتابه الأفكار . قال برنتانو إن الشعور هو دائما شعور بشيء , و ان هذا الشيء و اقعي , و لا يلزم أن يكون هذا الشيء ماديا خارجيا فقد يكون هذا الشيء رغبة أو حكما . و قد استعان برنتانو بموضوع الأفعال  العقلية ليميز بين الظواهر الفيزيائية و النفسية , إذ تنطوي الظواهر النفسية على ضرورة و يقين كما انها موجّهة نحو موضوعات . باء هوسرل ليطور معنى  التوجّه و يستخدمه في تحليل الفعل العقلي و ربطه بموضوعه القبلي
[3] Husserl mengumumkan pada tahap lanjut berpikir bahwa hal itu tidak menolak makna fenomena sebelumnya dan Alma melihat tampilan baru. Lihat: Husserl, ideals, General Introduction to Pure. Phenomenology, trans. By W. R. Boyce Gibson, p. 41 London, 1931.
[4] Husserl mengambil ide untuk pergi tentang Berntano, tetapi dikembangkan dengan cara yang berbeda dari gurunya, saat ia mencatat Searle dirinya di garis depan dari terjemahan bahasa Inggris dari ide bukunya. Berntano mengatakan bahwa perasaan selalu merasa sesuatu, sesuatu hal ini dan realistis, dan Anda tidak perlu menjadi hal ini fisik eksternal hal ini mungkin keinginan atau wasit. Dan mungkin menyewa Berntano subyek tindakan mental untuk membedakan antara fenomena fisik dan psikologis sebagai fenomena psikis melibatkan keharusan dan kepastian seperti yang diarahkan pada topik. B. Husserl untuk mengembangkan orientasi rasa dan digunakan dalam analisis tindakan mental dan terkait dengan tema suku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar